Potensi Wisata Gunung Pancar

Objek wisata Gunung Pancar adalah salah satu destinasi wisata di daerah Sentul, Kabupaten Bogor yang favorit dikunjungi banyak penikmat perjalanan, terutama dari masyarakat Jakarta dan sekitarnya.
Gunung Pancar1

Jika Anda lelah akan rutinitas dan hiruk-pikuk kota, mampirlah saat akhir pekan ke tempat wisata alam Bogor yang satu ini. Anda bahkan dapat menyegarkan tubuh dengan mandi air panas yang ada di sana.

Wisata Gunung Pancar menyuguhkan Anda sebuah destinasi wisata alam yang lengkap bersama dengan tempat pemandian air panasnya. Selain itu, masih terdapat aktivitas menarik lainnya yang dapat Anda lakukan di sana.

Kawasan wisata ini terletak di ketinggian 300-800 meter dpl dengan kemiringannya mencapai 15-40%. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi wisata tersebut. Bentang vegetasi Gunung Pancar terdiri dari hutan alam dataran rendah, hutan tanaman, serta semak belukar.

Tentu saja, udara sejuk dan pemandangan yang asri begitu kental terasa. Suhu udara di kawasan wisata Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius di kala malam hari dan pada siang hari suhu maksimal berkisar di sekitaran 33 derajat

Jawa Barat memang terkenal akan destinasi wisata alamnya. Selain Gunung Pancar, juga terdapat tempat pemandian air panas lainnya seperti Walini Ciwidey, Ciater, hingga Cipanas Garut.

Ini belum termasuk objek wisata alam Jawa Barat yang terkenal, mulai dari Puncak Bogor, Lembang Bandung, Ciwidey, dan lain sebagainya.

Di Gunung Pancar, terdapat berbagai jenis tanaman, seperti pinus, Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, Saninten, dan masih banyak lagi. Kawasan wisata alam di Bogor ini juga memiliki sejumlah satwa yang hidup bebas.

Jika beruntung, Anda mungkin dapat menjumpai kera, owa, surili, babi hutan, jelarang, serta sejumlah jenis burung. Burung yang sering ditemui di tempat ini adalah kutilang, ayam hutan merah, jalak, elang, dan lain-lain.

Legenda Gunung Pancar

Oleh masyarakat lokal, Gunung Pancar dipercaya sebagai pondasi bumi yang utama (pertama kali dibuat). Konon ketika bumi diciptakan, belum ada yang namanya gunung dan bumi masih rata dengan tanah. Oleh karena itu di bumi sering terjadi gempa. Melihat keadaan bumi yang tidak stabil, kemudian diciptakanlah gunung sebagai pasak atau pondasi agar bumi lebih tenang. Inilah sebab mengapa gunung ini dikenal dengan nama “Pancar”, yang artinya “muncul yang pertama”.
Alamat Gunung Pancar: Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Koordinat GPS: -6.597588,106.941763

Hal Menarik Wisata Gunung Pancar

Untuk dapat masuk, Anda tentu saja harus membayar tiket masuk wisata Gunung Pancar di Bogor ini sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika Anda membawa kendaraan, cukup membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 1.500 (roda empat) atau Rp 1.000 (roda dua).
Sebagai salah satu destinasi wisata alam di Bogor, Gunung Pancar menghadirkan pada Anda pemandangan alami khas hutan lindung dengan jejeran pepohonan pinus yang menawan serta aneka pohon lainnya. Selain itu, telinga Anda akan kerap mendengar suara-suara satwa yang hidup bebas di kawasan tersebut.

Tidak hanya itu saja ternyata potensi wisata gunung pancar, ada berbagai macam kegiatan yang bisa anda lakukan dengan wisata alam lainnya, seperti kegiatan Camping atau berkemah, di sini pengelola telah menyediankan Camping Ground yang di kelilingi hutan pinus gunung pancar. suasanya sejuk dan menyagarkan.
   
Inilah sebab objek wisata Gunung Pancar sering digunakan sebagai destinasi bagi kegiatan camping, bersepeda, joging, hiking, berkuda, berendam air panas,Tersedia kuda yang dapat Anda naiki jika sekedar ingin berkeliling, tentu saja dengan biaya yang murah. Jika Anda gemar berolahraga, terdapat lapangan tenis serta juga rute hiking yang dapat Anda tempuh. Jika ingin lebih lama di sana, Anda bahkan dapat menginap dengan mendirikan tenda di sana.

Salah satu kegiatan yang populer di sini adalah tempat pemandian air panas Gunung Pancar. Untuk dapat berendam, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 10 ribu per orang. Tempat pemandiannya terbagi dua, yaitu untuk laki-laki dan perempuan.

Air panas Gunung Pancar ini berasal dari mata air alami, yang dialirkan melalui pancuran ke kolam rendaman. Banyak wisatawan datang dan menikmati pemandian air panas Bogor di Gunung Pancar ini guna menghilangkan pegal-pegal dan badan yang kurang fresh. Air panas ini mengandung belerang dan mineral yang sungguh baik untuk terapi otot.

Tidak hanya wisata alam dan pemandian air panasnya, kawasan wisata Gunung Pancar juga memiliki tujuan wisata budaya yang menarik. Di sana terdapat makam keramat yang konon telah berusia sangat tua.

Beberapa nama tokoh yang dimakamkan di tempat tersebut, di antaranya Raden Lawulung, Ki Mas Bungsu, H. Dalem Putih, Raden Surya Kencana, Kalijaga, dan beberapa tokoh lokal. Pada hari-hari tertentu, terdapat juga pertunjukan seni budaya yang dipentaskan bagi para tamu.

Villa di Gunung Pancar

Beberapa hotel dekat Gunung Pancar yang populer di kalangan penikmat perjalanan, misalnya Villa Dokter, Villa Kampoeng Aladin. Villa ini berlokasi di masih di sekitar Gunung Pancar Jadi gak usah ribet bahkan bisa di tempuh dengan berjalan kaki dari kawasan wisata Gunung Pancar.

Terdapat beberapa rute perjalanan yang dapat Anda tempuh menuju kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar, baik itu dari Bandung, Jakarta, atau dari kota Bogor. Dari Jakarta, perjalanan ke Gunung Pancar akan menempuh jarak sejauh sekitar 45 km.

Jika Anda dari arah Cawang di Jakarta, maka rute perjalanan adalah masuk jalan tol ke arah Bogor. Setelah itu, masuk ke tol Sentul City, kemudian ambil arah kanan menuju jalan Sentul Raya. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 8 km, Anda akan sampai di bundaran yang hanya berbentuk setengah, kemudian ambil arah kiri. Dari sana, perjalanan akan menempuh jarak sekitar 600 meter, lalu ambil arah kanan dan kemudian cari arah ke Babakan Madang. Selanjutnya, ikuti petunjuk arah menuju Jln. Sumur Batu. Dari sana, Anda tinggal mencari Jln. Uli dan melewatinya sampai menemukan Jln. Air Panas.

Tour Guide di Gunung Pancar

Jika anda ingin menggunakan jasa Tour Guide tenang aja di Gunung Pancar tersedia banyak Tour Guide yang ramah-ramah dan siap mengantar, dan menemani anda selama berwisata di gunung pancar.

Tidak hanya sebagai itu saja Tour Guide di Gunung Pancar akan memberikan penjelasan dan penerangan tentang beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Gunung Pancar, agar para wisatawan mendapatkan kenyamanan biasanya para Tour Guide ini akan memberitahukan dan memberi penerangan tentang lokasi yang rawan dan tidak untuk dikunjungi.

Ada Jasa Tour Guide yang bisa di percaya disini, yaitu Mitra Gunung Pancar Tour Organizer & Guidance, Tour Guide ini telah berpengalaman di bidang wisata sebagai pemandu dan berlisensi AILY, Mitra Gunung Pancar Juga merupakan Penyedia Jasa Tour Guide yang dikelola oleh Warga Masyarakat sekitar jadi di jamin aman.    

Postingan populer dari blog ini

Gunung Pancar

Kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan Di Gunung Pancar